Blog Tiket Turindo

Sejarah Maskapai Malindo Airways

malindo

Malindo Airways adalah maskapai penerbangan yang direncanakan berbasis di Malaysia. Maskapai ini merupakan perusahaan patungan antara Malaysia National Aerospace and Defence Industries (NADI) (51%) dan Lion Air dari Indonesia (49). Nama ‘Malindo‘ berasal dari nama negara masing-masing: Malaysia dan Indonesia.

Latar belakang
Masuknya AirAsia dari Malaysia ke kandang Lion Air mendorong maskapai penerbangan ini untuk memasuki pasar Malaysia melalui anak perusahaanya. Anak perusahaan AirAsia, Indonesia AirAsia dengan kemitraanya dengan maskapai penerbangan asal Indonesia, Batavia Air untuk memperoleh pijakan yang kuat di Indonesia. Kesepakatan ini menjadi perang antara Lion Air, maskapai penerbangan berbiaya rendah terbesar di Indonesia dan AirAsia, maskapai penerbangan berbiaya rendah terbesar di Asia.
Tujuan
Pada permulaanya, Malindo Airways akan mengoperasikan penerbangan antara Malaysia dan Indonesia dan penerbangan diperkirakan akan dimulai pada Mei 2013.
Armada
Perusahaan induk Malindo, Lion Air bermaksud untuk memasukkan 12 buah pesawat B737 pada armada maskapai penerbangan ini. Perusahaan ini berencana untuk mencapai 100 pesawat selama periode operasi sepuluh tahun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *