Blog Tiket Turindo

Beberapa istilah yang biasa di bandara – Boarding, Delay, Flight Number, Jadwal Pesawat

Jadwal Keberangkatan dan kedatangan

Melakukan perjalanan dengan pesawat terbang kini bukan lagi monopoli para kalangan menengah ke atas. Perubahan ini disebabkan karena maraknya tawaran harga tiket pesawat murah yang muncul beberapa tahun terakhir. Dampaknya tentu saja, semua orang akan menjadi lebih mudah mengakses layanan transportasi pesawat terbang karena harganya menjadi relatif terjangkau. Bagi mereka yang terbiasa menggunakan pesawat terbang, mungkin tidak ada persoalan berarti saat berpergian dengan pesawat terbang, termasuk dalam proses administrasi di bandara dan mengetahui jadwal penerbangan. Namun, bagi penumpang yang baru pertama kali naik pesawat terbang, hal ini akan menjadi sebuah persoalan yang wajib diketahui cara penanganannya agar tidak kebingungan saat tiba di bandara. Berikut ini tata cara, proses dan cara mengetahui status maskapai di bandara.

Informasi papan status penerbangan

Menghindari keterlambatan dapat dilakukan dengan lebih awal sampai ke bandara dan melakukan check-in. Karena apapun alasan dari keterlambatan Anda, pesawat tidak akan menunggu hanya demi keterlambatan Anda. Masih ada puluhan penumpang lainnya di dalam pesawat yang membutuhkan alat transportasi udara ini untuk mengantar mereka sampai ke tujuan tepat waktu.

Salah satu hal penting yang semestinya Anda perhatikan ketika pertama kali menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi adalah informasi yang tercantum dalam papan status pengumuman penerbangan. Maskapai penerbangan biasanya memiliki papan display (informasi keberangkatan) yang menunjukkan status penerbangan. Indikator status penerbangan yang paling penting yaitu Go To Gate atau Boarding. Dimana keduanya merupakan tanda bahwa sebagai penumpang dari pesawat terbang di bandara tersebut Anda harus segera melakukan check-in dan segera melanjutkan proses pemeriksaan keamanan serta menunggu panggilan terakhir. Untuk panggilan yang terakhir ini Anda harus sesegera mungkin naik pesawat.

Status penerbangan

Mengingat status penerbangan menggunakan beberapa kode status sebagai penunjuk dari keadaan penerbangan tersebut. Maka Anda harus dapat memahami atau mengerti status penerbangan yang akan Anda gunakan. Situs yang dapat membantu Anda untuk mengetahui status dari penerbangan Anda adalah Flight Stats. Berikut status penerbangan yang perlu Anda ketahui :

  1. Schedule (S)

Sebuah penerbangan yang tercatat dalam status schedule (S) artinya adalah penerbangan tersebut terjadwal keberangkatan dan kedatangannya sesuai rencana penerbangan yang telah dijadwalkan. Sebuah penerbangan dalam status terjadwal (schedule) dapat berubah menjadi cancelled, active atau unknown.

  1. Active (A)

Penerbangan dengan status aktif (active) adalah maskapai yang dijadwalkan untuk terbang sedang dalam perjalanan kembali dari bandara atau penerbangannya. Sebuah penerbangan berstatus aktif masih dapat berubah menjadi unknown, landed atau diverted. Sementara untuk penerbangan yang berstatus aktif, informasi mengenai keberangkatan, perkiraan kedatangan dan juga informasi posisi pesawat (jika tersedia) dapat dilacak oleh situs Flight Stats.

  1. Unknown (U)

Maskapai berstatus Unknown (U) atau tidak diketahui ketika Flight Stats tidak mampu menentukan status akhir penerbangan karena kurangnya sumber data valid yang tersedia dalam waktu tertentu.

  1. Redirected (R)

Maskapai dengan status penerbangan redirected (R) menandakan bahwa penerbangannya telah berubah ke rute bandara yang terjadwal. Tentunya setelah mendarat di bandara yang terjadwal, nantinya pesawat akan berubah menjadi berstatus redirected (dialihkan).

  1. Landed (L)

Penerbangan dengan status landed (L) menjelaskan bahwa maskapai penerbangan tersebut telah berhasil mendarat di bandara yang dijadwalkan.

  1. Cancelled (C)

Penerbangan dengan status cancelled (C) berarti bahwa penerbangan dengan jadwal tersebut telah dibatalkan.

  1. Delay

Penerbangan Anda berada dalam status delay? Artinya Anda harus bersabar untuk menunggu sejenak karena jadwal penerbangan Anda sedang ditunda sementara waktu karena sesuatu alasan.

  1. No Operation (NO)

Jadwal penerbangan ini biasanya terjadi karena tidak ada operasional yang berjalan dari suatu maskapai penerbangan. Artinya, jika Anda menanyakan ketersediaan maskapai penerbangan di jadwal tersebut, maka statusnya akan dapat dikatakan sebagai penerbangan tidak terjadwal.

  1. En Route

Maskapai yang dijadwalkan untuk terbang sedang berada dalam perjalanan menuju ke bandara terjadwal.

  1. On Time

Maskapai yang dijadwalkan tiba tepat waktu dan dapat melakukan penerbangan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Selain dari status penerbangan tersebut di atas, tidak jarang Anda dibuat bingung ketika memeriksa beberapa istilah penerbangan seperti:

  1. Departure

Departure merupakan jadwal atau waktu keberangkatan yang sudah ditetapkan. Ini juga dapat Anda lihat melalui tiket penerbangan yang Anda booking.

  1. Arrivals

Arrivals dapat dikatakan sebagai waktu tiba atau waktu kedatangan sebuah maskapai di gate yang telah terjadwal.

Ketika Anda memeriksa jadwal penerbangan, pastikan bahwa departure, arrivals sebagai jadwal keberangkatan pesawat Anda sudah tepat. Selain itu, pastikan juga Anda sudah memeriksa kode maskapai dan flight number maupun destinasi Anda. Sehingga tidak ada alasan lagi Anda
tertinggal pesawat hanya karena keteledoran.

  1. Boarding

Boarding merupakan masuknya penumpang ke kendaraan yang dimulai dengan memasuki pesawat dan berakhir ketika penumpang sudah berada di tempat duduk sesuai dengan tiket pesawat yang sudah di-booking sebelumnya. Panggilan boarding di bandara menandakan bahwa penumpang harus segera menuju gerbang keberangkatan dan naik pesawat. Ini terjadi setiap satu jam atau tiga puluh menit sebelum jadwal keberangkatan pesawat (tergantung dengan ukuran pesawat dan jumlah penumpang).

Kode bandara dan maskapai penerbangan

Selain informasi papan status penerbangan, biasanya kode bandara dan maskapai penerbangan juga sedikit membingungkan jika Anda pertama kali menggunakan pesawat penerbangan. Berikut ini merupakan kode dari maskapai dan bandara yang harus Anda ketahui:

  1. Kode penerbangan di Indonesia

1.1 . Jawa & Bali
● CGK – Bandar Udara Soekarno-Hatta
● HLP – Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta
● SOC – Bandar Udara Adisumarmo, Solo
● SUB – Bandar Udara Juanda, Surabaya
● JOG – Bandar Udara Adi Sucipto, Yogyakarta
● SRG – Bandar Udara Achmad Yani, Semarang
● BDO – Bandar Udara Husein Sastranegara, Bandung
● DPS – Bandar Udara Ngurah Rai, Denpasar, Bali
● AMI – Bandar Udara Selaparang, Mataram

1.2. Sumatera
● BTH – Bandar Udara Hang Nadim, Batam
● MES – Bandar Udara Polonia, Medan
● PDG – Bandar Udara Minangkabau, Padang
● PKU – Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau
● TNJ – Bandar Udara Kijang, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau
● PLM – Bandar Udara Mahmud Badaruddin II, Palembang
● BTJ – Bandar Udara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh
● TKG – Bandar Udara Radin Intan II, Bandar Lampung
● KNO – Bandar Udara Kuala Namu, Kuala Namu, Sumatera Utara

1.3. Sulawesi
● MDC – Bandar Udara Sam Ratulangi, Manado
● UPG – Bandar Udara Hasanuddin, Makassar
● PLW – Bandar Udara Mutiara, Palu

1.4. Kalimantan
● PNK – Bandar Udara Supadio, Pontianak
● BPN – Bandar Udara Sepinggan, Balikpapan
● BDJ – Bandar Udara Syamsuddin Noor, Banjarmasin

1.5. Nusa Tenggara Barat
● LOP – Bandar Udara Lombok

1.6. Nusa Tenggara Timur
● KOE – Bandar Udara El Tari, Kupang

1.7. Maluku
● TTE – Bandar Udara Babullah, Ternate

  1. Kode penerbangan kota-kota populer di seluruh dunia
  • SIN – Singapore
    ● KUL – Kuala Lumpur
    ● SYD – Sydney
    ● IST – Istanbul
    ● HKG – Hongkong
    ● NRT – Tokyo
    ● AUH – Abu Dhabi
    ● MNL – Manila
    ● DXB – Dubai
    ● DOH – Doha
    ● SGN – Ho Chi Minh City
    ● CAN – Guangzhou
    ● BKK – Bangkok
    ● ICN – Seoul
    ● PVG – Shanghai

Setelah mengetahui kode bandar udara tujuan Anda, penting juga untuk mengetahui kode maskapai penerbangan yang Anda gunakan ataupun maskapai yang memiliki jadwal penerbangan terbang ke kota tujuan Anda di hari yang sudah Anda rencanakan. Dibawah ini merupakan kode penerbangan dari beberapa maskapai yang ada di Indonesia:

  1. Lion Air – JT
    2. Garuda Indonesia – GA
    3. Citilink – CTV
    4. Air Asia – AK
    5. Sriwijaya Air – SJ
    6. Batik Air – ID
    7. Aviastar Mandiri – MV
    8. Trigana Air – TN
    9. Kal Star Aviation – KD
    10. Wings Air – IW
    11. Express Air – XN
    12. China Air – CI
    13. Emirates – EK
    14. Japan Airlines – JQ
    15. KLM – KL
    16. Korean Air – KE
    17. Malaysia Airlines – MH
    18. Saudi Arabian Airlines – SV
    19. Singapore Airlines – SQ

Sudah menemukan kode pesawat yang akan Anda gunakan dalam perjalanan kali ini? Kode maskapai seperti yang dapat Anda lihat diatas biasanya akan diikuti dengan nomor penerbangan, misalnya seperti JT-819 untuk maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan (flight number) 819. Hal ini juga harus Anda perhatikan, mengingat Anda hanya dapat memeriksa status penerbangan dengan tepat sesuai dengan nomor penerbangan masing-masing maskapai.

Apabila anda sudah mempunyai pandangan tentang arti penerbangan di indonesia dan internasional.

semoga dapat membantu anda saat kejadian seperti ini di bandara. apabila anda ingin bepergian menggunakan pesawat namun belum mempunyai tiket. kami tiketturindo http://tiketturindo.com/tiket-pesawat/cari mempunyai solusi tiket pesawat dengan harga murah. segera booking agar liburan Anda lebih hemat. Happy flight

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *