Blog Tiket Turindo

Ketentuan Bagasi Pesawat GARUDA INDONESIA,LION AIR

bagasi

Berikut beberapa syarat dan ketentuan bagasi pesawat yang telah di atur oleh maskapai seperti: GARUDA INDONESIA, LION AIR, SRIWIJAYA, CITILINK, TRNSNUSA, KALSTAR, TRIGANA AIR, AIR ASIA, BATIK AIR, XPRESS AIR. Semua peraturan ini mengikuti peraturan yang di buat oleh Dornier indonesia.

1. Garuda Indonesia
• Penumpang dewasa & anak kelas Bisnis mendapat free bagasi 30 kg, Penumpang dewasa dan anak kelas Economy mendapat free bagasi 20 kg, penumpang bayi kelas Bisnis dan kelas economy mendapat free bagasi 10kg.
• Anda hanya boleh membawa satu tas tangan yang berukuran maksimal 56cm x 36cm x 23cm dan beratnya tidak lebih dari 7kg kedalam cabin. Sebagai tambahan anda boleh membawa kotak peralatan kosmetik atau laptop.
2.  Lion Air
• Untuk penerbangan domestik dan International , Penumpang kelas ekonomi mendapat free bagasi 20kg untuk lion air , dan 15kg untuk maskapai wings air, sedangkan penumpang kelas Bisnis mendapat free bagasi 30kg.
• Penumpang Kelas Ekonomi diperbolehkan membawa barang bawaan hingga seberat 7 kg dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm di kabin Lion Air. Berat barang bawaan di kabin tidak boleh melebihi 7 kg. Tas beroda boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.
• Penerimaan barang bawaan di kabin disesuaikan dengan ketersediaan tempat penyimpanan barang bawaan di atas kepala penumpang. Tempat penyimpanan terbatas juga tersedia di bawah kursi depan. Jika tidak ada tempat tersedia untuk menyimpan barang bawaan di kabin, maka akan dilakukan penarikan dan pemuatan barang bawaan di ruang bagasi sesuai dengan peraturan keamanan penerbangan.
• Mohon perhatikan bahwa bayi yang tidak disediakan tempat duduk tidak berhak atas kuota barang bawaan yang boleh di-check in dengan gratis.
• Barang-barang yang boleh dibawa tanpa dikenakan biaya sebagai tambahan dari kuota barang bawaan yang boleh di-check in dengan gratis (disesuaikan dengan peraturan keamanan) : Tas tangan wanita, buku saku atau dompet yang sesuai untuk perjalanan normal dan yang tidak digunakan untuk tempat penampungan alat-alat yang dihitung sebagai barang bawaan. Mantel, syal atau selimut, Kamera kecil dan/atau teropong kecil, Makanan bayi untuk dikonsumsi selama penerbangan, Keranjang pembawa bayi, Payung atau tongkat jalan, Bahan bacaan dalam jumlah yang wajar, Kursi roda yang dapat dilipat untuk orang cacat dan/atau sepasang tongkat pemapah dan/atau kawat gigi atau alat prostetik lainnya yang harus digunakan oleh penumpang.
• Sesuai dengan peraturan keselamatan yang berlaku, penumpang dianjurkan untuk: Tidak menerima paket apa pun dari penumpang yang tidak dikenal, Tidak meninggalkan barang bawaan tanpa pengawasan di waktu kapan pun, terutama di dalam wilayah bandara. Barang bawaan yang tidak dijaga dapat dicurigai dan disita oleh staf keamanan bandara.
• Menyatakan bahwa penumpang sedang membawa senjata atau bahan peledak sebelum check-in. Pernyataan semacam itu termasuk ke dalam pelanggaran Undang-Undang dan Peraturan Pesawat Terbang
3. Sriwijaya Air
• Bagasi yang dapat Anda bawa maksimal 20 kg untuk semua jurusan kecuali Jakarta – Tanjung Pinang – Jakarta seberat 15 kg. Selebihnya Anda akan dikenakan biaya tambahan.
• Kami sarankan untuk mengemas bagasi Anda dengan baik, agar terhindar dari kerusakan.
• Demi kenyamanan Anda, sangat tidak disarankan menyimpan barang berharga di dalam bagasi.
• Kami membatasi jenis binatang yang dapat dibawa ke dalam kabin. Silahkan kontak kantor penjualan kami untuk prosedur lebih detail.
4. Citilink
• Free untuk bagasi sampai dengan 20Kg
• Penumpang Kelas Ekonomi diperbolehkan membawa barang bawaan hingga seberat 7 kg dengan dimensi 56 cm x 36 cm x 23 cm di kabin Citilink. Berat barang bawaan di kabin tidak boleh melebihi 7 kg. Tas beroda boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.
5. Transnusa
• Free bagasi rute ruteng/lewoleba/rote/sabu/atambua/larantuka sebesar 10 Kg;rute ujung pandang sebesar 20 kg; bayi tidak mendapat free bagasi, Selain rute tersebut diberlakukan 15 kg/penumpang
• Semua macam/jenis alat olah raga termasuk dalam allowance bagasi Penumpang sesuai rute tujuan dan/atau dihitung sebagai bagasi normal.
6. Kalstar Aviation
• Jatah bagasi : 20Kg untuk B737 dan 10Kg untuk ATR42.
• Bagasi Tas tangan standar dengan maksimum berat 7Kg dan dimensi ukuran 40x30x15cm. ( Jet Boeing 737)
• Satu tas tangan standar dengan maksimum berat 5Kg dan dimensi ukuran 40x30x15cm. Propeller (ATR 42-300)
7. Trigana Air
• Jatah bagasi : 20Kg untuk B737 dan 10 atau 15 Kg untuk ATR72-200 untuk beberapa rute spesifik Trigana Air Service sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
• Bagasi Cuma – Cuma diberikan sebesar :
• 20 kg untuk rute :
1. Pangkalan Bun – Cengkareng – Pangkalan Bun
2. Pangkalan Bun – Semarang – Pangkalan Bun
3. Pangkalan Bun – Surabaya – Pangkalan Bun
4. Solo – Banjarmasin – Solo
5. Solo – Balikpapan – Solo (via Banjarmasin)
6. Solo – Berau – Solo (via Balikpapan & Banjarmasin)
7. Berau – Balikpapan – Banjarmasin – Balikpapan – Berau
• 15 kg untuk rute :
1. Pontianak – Natuna – Pontianak
2. Ketapang – Semarang – Ketapang (via Pangkalan Bun)
3. Ketapang – Surabaya – Ketapang (via Pangkalan Bun)
4. Ketapang – Cengkareng – Ketapang (via Pangkalan Bun)
5. Ketapang –Solo –Ketapang (via Pangkalan Bun)
6. Ketapang – Banjarmasin – Ketapang (via Pangkalan Bun)
7. Banjarmasin – Pontianak – Banjarmasin (via Pangkalan Bun & Ketapang)
8. Pangkalan Bun – Balikpapan – Pangkalan Bun
9. Pangkalan Bun – Berau – Pangkalan Bun
10. Pangkalan Bun – Solo – Pangkalan Bun
11. Jayapura – Wamena – Jayapura
12. Wamena – Dekai – Wamena
• 10 kg untuk rute :
1. Pangkalan Bun – Ketapang – Pangkalan Bun
2. Pangkalan Bun – Pontianak – Pangkalan Bun (via Ketapang)
3. Ketapang – Pontianak – Ketapang
8. Air Asia
Ketentuan bagasi yang di perbolehkan oleh air asia – Setiap penumpang (kecuali bayi) diperkenankan membawa dua (2) buah bagasi untuk dibawa ke atas pesawat.
Jenis bagasinya bisa berupa kombinasi dari pilihan berikut ini: tas kabin atau tas komputer jinjing atau tas tangan. Ukuran tas kabin tidak boleh melebihi dimensi 56cm X 36cm X 23cm dan beratnya tak boleh melebihi 7kg.
Tas kabin harus muat di bawah kursi di depan Anda atau di kompartemen penyimpanan tertutup di kabin. Barang-barang yang kami tentukan sebagai barang yang kelebihan berat dan ukuran atau alasan berbahaya tidak akan diizinkan masuk pesawat dan para penumpang dianjurkan untuk mendaftarkan barang-barang tersebut sebagai Bagasi Terdaftar di loket Check-in Bandara berdasarkan Pasal 8.5, jika tidak, kami berhak mendaftarkan barang-barang tersebut sebagai Bagasi Terdaftar saat boarding tergantung biaya bagasi gerbang yang dibayarkan di gerbang boarding (silakan mengacu pada Jadwal Biaya kami).
Berdasarkan undang-undang dan peraturan setempat yang berlaku umum, penumpang diperbolehkan membawa cairan ke dalam pesawat dalam tas tangan mereka asalkan mereka mematuhi aturan berikut:
1.    Cairan itu di dalam kontainer dengan maksimum volume 100 ml
2.    Semua wadah cairan sesuai dengan volume maksimum 100ml dan dapat dimasukkan ke dalam kantung plastik 1 kg yang transparan dan dapat ditutup
Tas plastinya harus diperlihatkan secara terpisah di bagian keamanan. Anda mungkin diminta membuang cairan yang tidak sesuai dengan peraturan di atas.
9. Batik Air
Penumpang Batik Air mendapatkan ijin untuk membawa bagasi dengan berat maksimal 20 kg untuk kelas ekonomi dan 30 kg untuk kelas bisnis secara gratis. Selain itu penumpang juga dapat membawa satu tas dengan berat maksimal 7 kg ke dalam kabin pesawat. Untuk Kelebihan bagasi akan di kenakan biaya kelebihan bagasi.
10. Express Air
Berat bagasi Cuma-Cuma maksimum 20 kilogram untuk setiap penumpang. (Peraturan Khusus Boeing 737) Untuk kenyamanan penumpang dan keselamatan penerbangan, setiap penumpang diijinkan membawa 1 (satu) bagasi kedalam kabin, dengan ukuran 50 x 32 x 16 cm dan berat maksimum 5 kilogram. (Peraturan Khusus Boeing 737)  Kelebihan berat bagasi akan dikenakan biaya tambahan per kilogram sesuai dengan tarip yang berlaku di expressair.
(Peraturan Khusus Boeing 737). Tanggung jawab terbatas untuk kehilangan dan kerusakan bagasi ditetapkan sejumlah Rp.20.000,- (duapuluh ribu) rupiah per kilogram dengan perhitungan berat sesuai dengan bagasi yang dibawa atau maksimum berat bagasi Cuma-Cuma jika bagasi tersebut lebih besar dari maksimum berat bagasi Cuma-Cuma.
Untuk kenyamanan penumpang dan keselamatan penerbangan, setiap penumpang diijinkan membawa 1 (satu) bagasi kedalam kabin, dengan berat maksimum 2 kilogram. (Peraturan Khusus Dornier). Berat bagasi Cuma-Cuma maksimum 10 kilogram untuk setiap penumpang. (Peraturan Khusus Dornier)  Kelebihan berat bagasi akan dikenakan biaya tambahan perkilogram sesuai dengan tarip yang berlaku di expressair dengan catatan masih dapat di terima sesuai dengan kemampuan ruang maupun daya angkut pesawat. (Peraturan Khusus Dornier)
Pihak pengangkut berhak untuk menolak kelebihan bagasi, jika tidak adanya ruang maupun
kemampuan daya angkut pesawat. (Peraturan Khusus Dornier)
Infant/Bayi tidak mendapatkan jatah bagasi Cuma-Cuma. (Peraturan Khusus Dornier)
Bagi penumpang Boeing yang memiliki penerbangan lanjutan dengan Dornier,
ketentuan bagasi mengikuti peraturan khusus Dornier.

Semoga penjelasan ringkas dari https://tiketturindo.com ini dapat membantu perjalanan anda yang lebih menyenangkan dan selalu menjaga keamanan dalam penerbangan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *