Blog Tiket Turindo

Daftar destinasi wisata Mataram Lombok – Nusa Tenggara Barat

pulau-moyo-sumbawa

Alfred Russell Wallace pada abad ke-19 menandai wilayah transisi flora fauna yang ada di Barat dan Timur Indonesia dengan nama Garis Wallace. Garis ini berperan sebagai batas Barat Nusa Tenggara Barat yang meliputi Pulau Lombok dan Sumbawa. Di bagian Utara Nusa Tenggara Barat wilayahnya bergunung-gunung dan dipenuhi oleh pepohonan tinggi yang lebat dan semak-semak. Sedangkan di bagian selatan, wilayahnya gersang dan dipenuhi oleh padang rumput. Nusa Tenggara Barat tidak memiliki hewan mamalia Asia, tapi memiliki hewan berkantung, kadal, burung kakatua dan nuri. Perbedaan tersebut menjadi lebih nyata di bagian lebih Timur, dimana musim kemaraunya lebih panjang, sagu dan jagung menjadi makanan pokok masyarakat Nusa Tenggara Barat dan bukan beras.

Jalur Masuk

Anda dapat mengunjungi Nusa Tenggara dengan menggunakan pesawat.

Anda juga dapat mengunjungi Bali terlebih dahulu, dari Bali lebih mudah sampai ke Nusa Tenggara.

Jika Anda menggunakan trasportasi laut, kapal feri Awu, Dobonsolo, Dorolonda, Kelimutu, Sirimau, Tatamailau, Pangrango dan Tilongkabila dapat membawa Anda ke Nusa Tenggara. Kapal feri pelan juga dapat menghubungkan pulau-pulau kecil.

Perjalanan Menggunakan Pesawat

 

Kami selaku penyedia ticketing maskapai penerbangan di indonesia menyediakan ticket pesawat dengan harga 452.600.- Harga ini bagi anda yang berangkat dari bandara Adisucipto Yogyakarta Ke Bandara Internasional Lombok.

Untuk anda yang berada di kota lain silahkan Booking tiketnya di tiketturindo.com. dan jangan lupa gunakan kode kupon “TTmaret20” dengan menggunakan kupon itu anda akan berhemat biaya ticketing sebesar 20.000.

Sejarah

Tidak banyak orang mengetahui tentang sejarah umum Nusa Tenggara Barat. Selama abad ke-17 Belanda menduduki wilayah ini. Masyarakat Nusa Tenggara Barat masih hidup seperti nenek moyangnya dengan memancing dan berladang. Nusa Tenggara Barat mulai terkenal ketika Pulau Komodo dan sekitarnya mulai banyak dikunjungi. Saat ini Nusa Tenggara Barat dikenal sebagai tempat yang eksotik untuk berwisata, terutama Lombok dan Pulau Komodo.

Di Pulau Lombok, Kerajaan Sasak menguasai wilayah ini hingga orang Bali dan Makasar menyerang Lombok. Pertengahan abad ke-18, Kerajaan Bali memerintah wilayah ini, sedangkan Belanda menguasainya wilayah ini pada abad ke-19.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Lombok dikuasai oleh bangsawan Sasak yang kebanyakan orang muslim dan orang Bali yang beragama Hindu.

Kuliner

Anda dapat menemukan seafood dengan mudah di Nusa Tenggara Barat begitu juga makanan barat banyak terdapat di sini. Makanan Nusa Tenggara Barat, terutama Lombok (Sasak) biasanya makanan pedas. Ikan air tawar juga merupakan salah satu makanan favorit di sini, cobalah gurame asam manis ketika Anda berjalan-jalan di sekitar tempat ini.

Salah satu makanan yang wajib dicicipi ialah ayam taliwang, plecing kangkung dan juga sambal beberuk yang sangat pedas terbuat dari cabai, tomat dan terung. Meskipun rasanya sangat pedas, namun dapat membuat Anda ketagihan karena rasanya sangat nikmat.

Masyarakat dan Kebudayaan

Lombok didominasi oleh orang Sasak dan Bali, namun orang Jawa juga dapat ditemukan di Nusa Tenggara Barat, begitu juga dengan Arab, Bugis dan Cina. Kebanyakan orang Sasak adalah orang muslim yang memiliki nilai kesopanan yang harus diperhatikan oleh wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Tempat wisata rekomendasi

 

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi  kedua di Indonesia setelah puncak Jayawijaya.

2. Pura Batu Bolong

Tempat Wisata di Pulau Lombok yang juga sudah terkenal adalah Pura batu Bolong. Pura Batu Bolong berdekatan dengan lokasi wisata Pantai Senggigi.

3.Pantai Senggigi

Wisata Pulau Lombok lainnya yang tak kalah populer adalah Pantai Senggigi. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun luar negeri.

4. Taman Narmada

Taman Narmada merupakan taman yang dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727 sebagai tempat untuk peristirahatan para raja dan sebagai tempat pelaksanaan upacara resmi kerajaan.

5. Air Terjun Sendang Gile

Tempat Wisata Lombok Air Terjun Sendang Gile sering disebut juga Air Terjun Sendang Gila.

6. Danau Segara Anak

Danau Segara anak sebearnya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Gunung Rinjani.

7. Gili Trawangan

Di sekitar Pulau Lombok terdapat 3 buah gili atau pulau kecil yang letaknya saling berdekatan. Ketiga Gili tersebut adalah Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.

8. Pantai Kuta Lombok

Pernah berwisata ke Pantai Kuta di Bali ? Pantai Kuta Bali tak diragukan lagi memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

9. Patai Sire

Tempat wista pantai di Lombok ada banyak sekali. Lokasi tempat wisata pantai di Lombok memiliki pemandangan alam yang sangat bagus.

10. Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi saat musim liburan tiba.

11. Batu Layar

Makam Batu layar merupakan sebuah wisata religi yang terdapat di Kecamatan Batu layar, abupaten Lombok Barat.

12. Pantai Sekotong

Satu lagi pantai yang terdapat di Pulau Lombok yang memiliki pemandangan yang sangat menawan.

13. Wisata Pantai Selong Belanak Lombok
14. Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok
15. Rumah Adat Dusun Sade Lombok
16. Tanjung Bloam Lombok

 

Baca Juga Tips Perjalanan menyenangkan ala tiketturindo.com Di sini >> http://goo.gl/wfeiM1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *