Blog Tiket Turindo

Istilah-istilah penerbangan yang wajib di ketahui penumpang

tiketturindo
Bagi seseorang yang kerap melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang tentu sudah tidak asing dengan istilah landing, takeoff, delay, check-in atau boarding.
Namun walau sudah sering menggunakan jasa transportasi udara, masih ada sebagian orang yang memahami makna atau istilah bahasa penerbangan namun sulit untuk menjelaskan secara baku apa sebenarnya maksud dari istilah tersebut.
Hampir keseluruhan istilah dalam penerbangan menggunakan bahasa Inggris.
Sebab bahasa Inggris adalah acuan bahasa Internasional yang dipakai hampir seluruh penduduk di dunia.
Namun penggunaan bahasa asing dalam istilah penerbangan kerap kali menimbulkan kebingungan bagi beberapa orang awam atau orang yang baru pertamakali melakukan perjalanan menggunakan jasa transportasi udara. Nah, karena itu saya ingin berbagi sedikit pengetahuan yang saya ketahui mengenai istilah penerbangan.
Kalaupun kita belum berkesempatan bepergian menggunakan pesawat terbang, kan tidak ada salahnya menambah wawasan perihal istilah-istilah umum yang dipergunakan oleh penerbangan komersil. Berikut istilah-istilah tersebut :
1. Ticket atau sekarang masyarakat menyebutnya E-Ticket adalah dokumen atau bukti pembelian perjalanan, yang berisi nama lengkap, kota asal, kota tujuan, jam keberangkatan, jam tiba, Bandar udara asal, Bandar udara tujuan, nomer tiket dan harga yang kita bayarkan.
Di karena kan saat ini pemesan tiket sudah tidak di layani di dalam bandara langsung E-Ticketing sekarang bisa melakukan pemesan via website tiketturindo.com di tiketturindo ini menyediakan beberapa maskapai penerbangan yang ada di indonesia.
2. Baggage / Bagasi adalah barang bawaan kita – Bagasi yang di sarankan oleh beberapa maskapai adalah 20kg setiap penumpang, Untuk pemesanan tiket di tiketturindo.com setiap penumpang sudah tidak di kenakan biaya bagasi atau administrasi lainnya.
3. Boarding adalah istilah dari maskapai mempersilahkan penumpang untuk segera naik pesawat – sebelum masuk pesawat setiap penumpang di cek E-Ticketing nya terlebih dahulu. Pastikan E-Ticketing dari tiketturindo.com sudah di simpan dalam Gadged anda.
4. Booking / Reservasi adalah proses pemesanan tiket – Pemesan tiket di sini anda harus masuk satu per satu ke situs maskapai seperti: Batavia Air, Lion Air & Wings Air,
Merpati Nusantara Airlines, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia. Itu semua terlihat memberatkan bagi penumpang karena kita harus masuk satu persatu untuk membandingkan harga dan promo tiket pesawat maka dari itu pihak maskapai penerbangan indonesia telah bekerja sama untuk mempermudah penjualan tiket pesawat nya dengan bekerja sama dengan tiketturindo.com, di website tiketturindo ini sekali kita cari rute penerabangan maka akan keluar semua maskapai yang tersedia.
2
5. Cabin Attendant adalah tim dalam kabin pesawat.
6. Cabin Crew adalah Pramugari atau Pramugar.
7. Apron adalah tempat parkir pesawat
8. Check-In adalah pedaftaran calon penumpang yang sudah mempunyai tiket sebelum keberangkatan, sekaligus menentukan nomer kursi di atas pesawat.
9. Dangerous Goods adalah barang-barang yang termasuk dalam daftar membahayakan keselamatan penerbangan, misalnya korek api gas.Sajam
10. Departure adalah asal kota keberangkatan
11. Destination adalah tujuan akhir penerbangan atau tujuan penumpang
12. Delay adalah istilah yang di gunakan apabila pesawat mengalami keterlambatan berangkat atau keterlambatan tiba
13. Divert adalah pengalihan pendaratan. Biasanya terjadi karena cuaca buruk atau hal yang berkaitan dengan teknis sehingga pesawat tidak memungkinkan untuk mendarat di tempat tujuan.
14. Landing adalah pendaratan pesawat
15. Pax / Passenger adalah penumpang pesawat udara
16. RON (Remain Over Night) adalah istilah bagi pesawat yang tinggal menginap di suatu Bandara
17. Take Off adalah terbang meninggalkan landasan
18. Runway adalah landasan untuk pesawat mengambil posisi saat hendak take off atau saat hendak landing
19. Airport Tax adalah sejenis pajak yang dibayarkan pada pihak bandara baik untuk penerbangan domestic maupun internasional. Dan tiap bandara mempunyai kebijakan tersendiri akan hal tersebut. Jadi airportax Cengkareng akan berbeda dengan airportax di Adi Sumarmo.
20. Security Check adalah layanan pemeriksaan barang bawaan penumpang sebelum memasuki atau keluar area bandara. Pemeriksaan dilakukan dengan bantuan alat khusus yang bisa mendeteksi bila ada barang-barang yang mencurigakan.
21. Over Baggage adalah istilah kelebihan barang bawaan penumpang. Karena tiap airlines /maskapai mempunyai kebijakan tersendiri, jadi jika seorang penumpang ternyata over baggage artinya kelebihan bagasinya dikenakan biaya sesuai kebijakan yang berlaku.
22. Arrival adalah bagian kedatangan

23. Transit adalah melewati atau singgah di bandara lain sebelum menuju bandara tujuan. Dalam transit penumpang bisa di sarankan untuk ganti pesawat atau tetap dengan pesawat awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *